Tafsir Al-Fatihah (Surah ke-1, Terdiri dari 7 ayat Makkiyyah)

Wawasan

Tafsir Al-Fatihah (Surah ke-1, Terdiri dari 7 ayat Makkiyyah)

Terima kasih telah mengunjungi blog belajar Tafsir Al-Quran dan Artinya, Artikel Sebelumnya membahas tentang ” Alloh Maha Pemberi Nikmat” hari ini saya akan berbagi informasi tentang Tafsir Al-Fatihah. Semua orang membutuhkan banyak informasi tidak terkecuali info tentang Tafsir Al-Fatihah adalah, untuk lebih jelasnya silahkan untuk hanya membaca seluruh isi artikel ini.

Tafsir Al-Fatihah

Tafsir Al-Fatihah

AL-FATIHAH
Surah ke-1, Terdiri dari 7 ayat Makkiyyah

Al Qur’an di mulai dengan lafaz basmalah. Maksud adalah untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah Swt. Dialah Zat yang memberikan berkah lagi Maha tinggi, yang berhak disembah dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Nama Allah adalah khusus bagi-Nya saja.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah dengan semua sifat-Nya yang sempurna, dengan nikmat yang diberikan-Nya lahir dan batin; nikmat agama dan duniawi,sehingga sudah menjadi ketetapan bagi setiap hamba-Nya untuk memuji dan mengagungkan-Nya. Dialah Zat Yang Maha kuasa untuk mengatur segala sesuatu yang diciptakan-Nya, termasuk mengatur segala nikmat yang diberikan telah dikaruniakan kepada semua mahluk-Nya.

Ar Rahman, yang mempunyai rahmat; yaitu rahmat dan kasih sayang untuk semua mahluk. Ar Rahim adalah kasih sayang akan tetapi dikhususkan bagi orang-orang mukmin saja. Ar Rahman dan Ar Rahim adalah dua nama dari sekian banyak nama Allah Swt. yang terungkap dalam Al Qur’an.

Malikiyaumiddin; Dialah yang mempunyai sifat seperti raja dan penguasa paling agung. Dialah yang memberikan pengaruh dengan adanya perintah dan larangan serta memberikan ganjaran dan siksa. Dialah Allah;Penguasa pada Hari Kiamat;hari diperlihatkannya semua amalan manusia ketika didunia, baik ataupun buruk. Dia Yang Mahakuasa untuk menegakkan keadilan dan memberikan balasan terhadap semua amal yang dilakukan manusia.Tidak ada penguasa selain Dia. Semuanya tunduk atas kebesaran-Nya lagi mengharapkan balasan berupa ganjaran dan takut akan semua siksa-Nya.

Iyyaka na’budu waiyyaka nasta’in; beribadah dan meminta pertolongan hanya kepada Allah Swt. Segala perkara ada pada-Nya. Ayat ini menunjukkan bahwa seorang hamba tidak boleh melakukan ibadah apapun, seperti berdoa, berkurban, tawaf, kecuali kepada-Nya.

lhdinash-shirathal mustaqfm; tunjuki dan bimbinglah kami kepada jalan yang lurus dan tetapkanlah kami padajalan itu sampai bertemudengan-Mu. Jalanitu adalah Islam, yaitu satu­satunya jalan yang akan mengantar seorang hamba kepada ridha dan surga-Nya. Tidak ada jalan menuju kebahagiaan bagi seorang hamba kecuali dengan istikamah dijalan-Nya.

lnilah jalannya orang-orang yang diberi nikmat nan agung, yaitu jalannya para nabi, shiddiqin, syuhada’, dan shalihin. Mereka adalah orang-orang yang diberi hidayah dan istikamah dalam kebenaran. Maka, jangan jadikan kami seperti orang-orang yang Engkau benci, yaitu orang-orang Yahudi. Mereka mengetahui yang hak akan tetapi tidak mengerjakannya. Jangan pula Engkau jadikan kami sebagai golongan yang sesat, yaitu orang-orang Nasrani. Mereka adalah orang-orang yang tidak diberi petunjuk lagi sesat dalam menempuh jalan.

(TafsirAl Muyassar, Abdullahbin AbdulMuhsinAt Turki;Tafsir TaisirAl Karim Ar Rahman, Abdurrahman As Sa’di;dan Tafsirul Qur’an If Utsaimin)

Doa Ma’tsur

Bacaan pada waktu pagi dan sore.
Dari Utsman bin Affan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah seorang hamba setiap pagi dan sore hari mengucapkan,

‘Dengan menyebutkan nama Allah yang tidak ada sesuatu pun dengan menyebut nama-Nya yang membahayakan di bumi maupun di langit, dan Dia Maha Mendengar lagi Maha mengetahui) sebanyak tiga kali melainkan dia tidak akan diganggu oleh sesuatu pun’.” (HR Tirmidzi,)

Dengan demikian posting blog Belajar Tafsir Al-Quran dan Artinya dengan judul “Tafsir Al-Fatihah” semoga Alloh Swt memberikan pahala bagi anda yang membaca dan mengamalkan bacaan ini, dan berikan doa kepada yang telah membuat tulisan ini. Anda juga dapat membaca artikel Tafsir Al-Quran lainnya di sebelah kanan menu blog artikel ini.

TAFSIR AL-QURAN – Artikel berjudul Tafsir Al-Fatihah berasal dari hasil kutipan Al-Quran “Hijaz The Practice” Tujuan hanya ingin berbagi Ilmu Islam kepada khalayak Umum, semoga diberikan Keberkahan kepada Penyusun Hijaz The Practice. Aamiin…

Belajar Tafsir Al-Quran, Tafsir Al-Fatihah, Tafsir Quran,

1 thought on “Tafsir Al-Fatihah (Surah ke-1, Terdiri dari 7 ayat Makkiyyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *