Penghargaan NASIONAL Daeng Soetigna 2013

Monday, November 20th 2017. | Artikel Angklung

Penghargaan NASIONAL Daeng Soetigna 2013
Yadimulyadi.com – Pada saat acara 100 tahun angklung Padaeng yang diselenggarakan di Gedung Merdeka Bandung 2013, saat itu Rizky Adiwilaga seorang sahabat cucu Daeng Soetigna Putranya Erna Ganarsih Pirous yang merupakan putra kelima Daeng Soetigna, saat itu pula kepada sekjen (HAKI) Hak Kekayaan Intelektual dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Diretorat Jendral Hak Kekayaan Intelektual dan pertama kali dipatenkan Daeng Soetigna sebagai “Pencipta Angklung Diatonis”.

Penghargaan NASIONAL Daeng Soetigna

Gambar 11. Penghargaan Nasional HAKI 2013, Daeng Soetigna Sebagai Pencipta Angklung Diatonis
(Foto: Sumber Kementrian Hukum dan Hak Asai Manusia RI, 2013)

Berdasarkan sumber data yang penulis dapatkan dari keluarga dan murid-murid Daeng Setigna yang masih ada, bahwa selama hidupnya Daeng Soetigna banyak mendapatkan penghargaan di antaranya, sebagai berikut;
1) 28 Pebruari 1966
Piagam Penghargaan dari Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1 Jawa Barat Brigjen Mashudi, atas Jasanya dalam Bidang Kesenian Khususnya dan Kebudayaan pada Umumnya.

2) 10 September 1968
Piagam Penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, dalam rangka mendorong pertumbuhan, pemekaran dan pengembangan Kesenian Angklung ke arah Pembinaan Kebudayaan di Ibukota.

3) 15 Oktober 1968
Tanda Kehormatan Satyalancana Kebudayaan dari Presiden Republik Indonesia Jendral Soeharto.

4) 17 Agustus 1979
Piagam Penghargaan dari Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1 Jawa Barat, H. A, Kunaefi, atas jasa Daeng dalam pembinaan dan pengembangan seni daerah, khususnya seni Angklung.

5) 24 April 1980
Piagam Penghargaan dari Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Prof. Dr. Mochtar Kusumaatmadja, atas segala bantuan dan kerjasama dalam mensukseskan penyelenggaraan Peringatan Nasional 25 Tahun KAA Pada 24 April 1980 di Gedung Merdeka Bandung.

6) 24 April 1980
Piagam Penghargaan dari Propinsi Daerah tingkat 1 Jawa Barat dan Panitia Ulang Tahun 25 Konferensi Asia Afrika Tingkat Propinsi Daerah Tingkat 1 Jawa Barat, ttd. Gubernur Kepala Daerah Tingkat 1 Jawa Barat, H. A. Kunaefi.

Bahkan lama setelah Daeng meninggal pun masih ada beberapa pernghargaan di antaranya;
1) 16 Pebruari 1994
Piagam penghargaan dari Gubernur Kepada Daerah Tingkat 1 Jawa Barat, R. Nuriana kepada Daeng Soetigna (alm.) sebagai Perintis Pembangunan Pariwisata Jawa Barat.

2) 18-19 Mei 2002
Konser Angklung Kamari yang diselenggarakan oleh MMA (Masyarakat Musik Angklung) di Sasana Budaya Ganesha, ITB. Bandung. Dalam acara ini diserahkan “embrio” rencana buku biografi Daeng Soetigna.

3) 21 Juli 2005
Piagam Penghargan dari Gubernur Kepada Daerah Tingkat 1 Jawa Barat Bapak Danny Setiawan, sebagai seniman angklung yang telah berkreasi dan berkarya mengharumkan nama Jawa Barat di Tingkat Nasional.

4) 28 Maret 2006
Piagam Penghargaan dan Metronome Award 2006 dari Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia, sebagai Pengembangan Musik Tradisional Angklung, atas Dedikasi, Loyalitas, dan Kontribusinya dalam Pengembangan Khasanah Musik Indonesia dalam acara Nugraha Bhakti Musik Indonesia ke-3 di Jakarta.

5) 20 Januari 2007
Angklung Evening Concert “A Tribute to Daeng Soetigna”, yang diselenggarakan oleh Keluarga Paduan Angklung SMAN 3 Negeri Bandung.

Hampir dua tahun sekali KPA (Keluarga Paduan Angklung) SMAN 3 Bandung, mengadakan konser angklung di Bandung, Jakarta, Cirebon, dan Beberapakali di Luar Negeri, seperti di Jerman, Prancis, Cekoslovakia, Scotlandia, Inggris, Polandia, dan Belgia. Dan yang terakhir, Konser A Tribute to Daeng Soetigna pada tanggal 20 Januari 2007 di Theater tertutup Taman Budaya Jawa Barat, Bandung.

oleh : Yadi Mulyadi

(Visited 22 times, 1 visits today)
tags: , , ,