Materi Musik Angklung Diatonis Padaeng?

Tuesday, November 28th 2017. | Artikel Angklung

Materi Musik Angklung Diatonis Padaeng?
Yadimulyadi.com – Materi yang disajikan dalam pertunjukan angklung diatonis Padaeng adalah berbentuk arransement musik yang mengadopsi dari lagu-lagu yang telah dan sedang populer di masyarakat. Karena dalam kesenian angklung diatonis masih kurang karya musik original khusus angklung diatonis Padaeng.

Dalam proses pembuatan sebuah arransement musik angklung diatonis Padaeng, siapapun dapat memisahkan wilayah nada pada alat musik angklung itu sendiri. Karena alat musik angklung hanya memiliki satu karakter bunyi yaitu “Greeng”.

ANGKLUNG DIATONIS PADAENG

angklung-diatonis-padaeng

3 (tiga) wilayah karakter nada angklung diatonis Padaeng.
(Foto: Koleksi Yadi Mulyadi, 2016)

Tidak banyak pilihan ketika akan mengelompokkan warna bunyi, dan tiada lain hanya memanfaatkan lebarnya oktaf dalam angklung unit Padaeng. Dapat mencoba dengan dengan membagi wilayah oktaf angklung dengan membagi 3 (tiga) wilayah yaitu; wilayah angklung melodi kecil, angklung melodi besar, dan angklung accompanyement karena ketiga wilayah itu memiliki karakter warna suara angklung yang sedikit berbeda seperti pada gambar angklung di atas.

BACA : Angklung Dalam Konteks Pendidikan

Pertunjukan angklung diatonis Padaeng merupakan satu pertunjukan orkestra atau kolosal karena setiap pemain angklung rata-rata berjumlah 45 orang lebih, akan lebih menarik lagi jika konsep musik angklung yang dibuat bisa dikolaborasikan dengan instrument musik orkestra seperti piano, string section, brass section, percussion section, dan lain sebagainya. Jika setiap seniman / musisi dapat melirik ke arah ini maka kekayaan musik angklung akan semakin meluas, global dan dapat bekerjasama dengan para musisi dunia untuk pertukaran budaya melalui bentuk musik.

Aransemen musik angklung diatonis Padaeng bisa sangat kompleks karena memiliki nada-nada kromatik dan range wilayah yang sangat luas sehingga memungkinkan model aransemen tinggkat sederhana hanya satu garis melodi dengan iringan accompanyement sampai dengan model harmoni orkesttra. Penulis sendiri sejak tahun 2000 telah menggabungkan angklung diatonis dengan symphonic orchestra karena memiliki model aturan yang sama.

Berikut adalah contoh umum aransemen angklung diatonis Padaeng menggunakan notasi angka sederhana :

angklungdiatonis

Contoh : Notasi Angka Angklung Diatonis Padaeng, Lagu Villia Arransemen Daeng Soetigna.

 

angklung diatonis

Pengembangan Notasi Angklung Diatonis Padaeng, Arr.Yadi Mulyadi

INFO => Alat Musik Angklung Unit Sekolahan

(Visited 36 times, 1 visits today)
tags: , , , , ,