Angklung Dalam Konteks Pendidikan

Tuesday, November 28th 2017. | Artikel Angklung

Angklung Dalam Konteks Pendidikan
Yadimulyadi.com – Pendidikan musik angklung merupakan salah satu aspek pendidikan kesenian yang merupakan sarana untuk membantu anak didik membentuk pribadinya melalui penanaman dan peresapan rasa indah / peka dalam usaha membentuk dan menemukan diri pribadinya sehingga menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur yang kreatif, estetis sebagai salah satu aspek penting dalam totalitas pembinaan anak didik (Wiramihardja, 2010: 10).

Pembelajaran angklung yang dilaksanakan melalui proses pedagogis dapat turut serta mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan “intelektual” (IQ), kemampuan emosional (EQ), kemampuan spiritual (SQ), dan kemampuan sosial dalam mengembangkan keterampilan hidup (life skill) yang bermutu.

Angklung Dalam Konteks Pendidikan

Angklung Dalam Konteks Pendidikan

Angklung Dalam Konteks Pendidikan – Photo By.Graceanata 2017

Secara khusus kompetensi peserta didik musik angklung memiliki kemampuan apresiasi, kreativitas, dan kemampuan berekspresi sehingga mereka mempunyai nilai dasar humaniora untuk menerapkan kebersamaan, tenggang rasa, disiplin, dan tanggung jawab dalam kehidupan. Dengan demikian pembelajaran musik angklung akan berorientasi pada pendekatan prinsip-prinsip keseimbangan, etika, logika, estetika, dan kinestika (Wiramihardja, 2010: 11).

Untuk memperkuat identitas diri, tidak hanya berorientasi pada hasil atau produk, asal mahir bermain angklung semata. Maka dengan demikian melalui pembelajaran musik angklung hal ini diharapkan dapat meningkatkan potensi intelektual, emosional, spiritual dan sosial serta keterampilan hidup yang mantap.

Baca => Penghargaan Nasional Daeng Soetigna 2013

Dari awal, angklung Padaeng diciptakan untuk mengajarkan ilmu seni musik barat. Pada era itu, merupakan terobosan baru karena untuk pertama kalinya alat musik Nusantara digunakan untuk tujuan tersebut, yaitu menggantikan alat musik Eropa. Kekhasan angklung Padaeng dipandang cocok untuk mengajarkan ilmu musik, karena:
a. Mudah dimainkan. Hal ini membuat semua anak dengan cepat bisa memainkannya tanpa perlu bakat musik yang kuat maupun latihan panjang.
b. Angklung adalah alat musik satu instrumen satu nada. Kekhususan ini sangat memudahkan guru mengajarkan konsep tangga nada diatonis.
c. Ada angklung melodi dan ada angklung akompanimen, yang secara langsung mencontohkan teori harmonisasi suara (oktaf, akord).
d. Angklung Padaeng punya potensi sebagai alat musik konser yang megah, mampu dipakai untuk berbagai genre musik.

Info Alat Musik Angklung Klik Disini Alat Musik Angklung

(Visited 12 times, 1 visits today)
tags: , ,